Kamis, 16 Oktober 2014

KELOMPOK 1

          LINK YOUTUBE : http://youtu.be/PXLOAapzfAc

1.      Dibawah ini apa yang dimaksud dengan pendapatan?
1). Hasil pencarian usaha
2). Jumlah total uang yang didapat sebuah bisnis dalam suatu periode tertentu dengan menjual barang dan jasa
3). Biaya-biaya sebuah bisnis melebihi modalnya
4). Hasil berupa uang atau materi lainnya yang dapat dicapai dari pada penggunaan faktor-faktor lain
5). Aktivitas apapun yang berusaha untuk menyediakan barang dan jasa

A.    1,3,4 benar
B.     2,4,5 benar
C.     1,2,3 benar
D.    1,2,4 benar
E.     3,4,5 benar
Jawaban : D
2.      Apa yang termasuk dalam faktor-faktor produksi ?
1). Kewirausahaan
2). Budaya
3). Tenaga
4). Modal
5). Pemerintah

A.    2,3,4 benar
B.     1,3,4 benar
C.     3,4,5 benar
D.    1,3,5 benar
E.     2,3,4 benar
Jawaban : C
3.      Dalam lingkungan bisnis ada faktor-faktor sekitar yang membantu atau menghambat perkembangan bisnis yaitu ?
1). Lingkungan perdesaan
2). Lingkungan ekonomi dan hukum
3). Lingkungan teknologi
4). Lingkungan yang erat budayanya
5). Lingkungan bisnis global

A.    2,4,5 benar
B.     1,3,4 benar
C.     2,4,5 benar
D.    3,4,5 benar
E.     2,3,5 benar
Jawaban : E

4.      Dalam ruang lingkup lingkungan bisnis faktor yang termasuk dalam lingkungan persaingan adalah?
1). Khualitas yang rendah
2). Layanan pelangganan
3). Pengakuan para pemegang kepentingan
4). Kepedulian terhadap lingkungan
5) harga yang tak seimbang

A.    1.4.5 benar
B.     2,3,5 benar
C.     2,3,4 benar
D.    3,4,5 benar
E.     1,2,3 benar
Jawaban : C
5.      Faktor apa yang termasuk dalam lingkungan teknologi ?
1). Tekonologi informasi
2). Modal
3). Basis data
4). Internet
5). Sumber daya alam

A.    2,4,5 benar
B.     1,3,5 benar
C.     1,2,4 benar
D.    1,3,4 benar
E.     3,4,5 benar
Jawaban : D
6.      Faktor apa yang termasuk dalam lingkungan bisnis?
1). Perekonomian
2). Pekerjaan
3). Keragaman
4). Perubahan demografis
5). Perubahan keluarga

A.    1,3,4 benar
B.     2,4,5 benar
C.     1,2,4 benar
D.    1,4,5 benar
E.     3,4,5 benar
Jawaban : E



7.      Pemangku kepentingan mencakup ?
1). Pelanggan, karyawan, pemegang saham
2). Karyawan, pemerintah, pemasok
3). Pemerintah, pemegang saham, diler
4). Diler, pemasok, karyawan
5). Pemegang saham, diler, bankir

A.    1,2,4 benar
B.     1,4,5 benar
C.     2,3,4 benar
D.    3,4,5 benar
E.     2,3,5 benar
Jawaban : B
8.      Hal-hal yang dapat dilakukan pemerintah negara berkembang untuk mengurangi risiko memulai bisnis adalah ?
1). Pemerintah dapat mengizinkan kepemilikan bisnis perorangan
2). Membiarkan perusahaan swasta beroperasi liar
3). Menerbitkan UU yang memungkinkan pelaku bisnis untuk menulis kontrak-kontrak yang berlaku di pengadilan
4). Biaya pajak yang semakin rendah
5). Mengurangi korupsi dalam binis dan pemerintahan

A.    2,4,5 benar
B.     1,3,5 benar
C.     1,2,3 benar
D.    3,4,5 benar
E.     2,3,4 benar
Jawaban : B
9.      Yang termasuk dalam bisnis tradisional adalah ?
1). Orientasi pelanggan
2). Fokus pelanggan
3). Etika proaktif
4). Etika reaktif
5). Orientasi laba

A.    1,4,5 benar
B.     2,3,4 benar
C.     3,4,5 benar
D.    1,2,3 benar
E.     2,4,5 benar
Jawaban : A



10.  Yang termasuk dalam bisnis kelas dunia adalah ?
1). Orientasi laba dan sosial
2). Fokus manajerial
3). Etika proaktif
4). Orientasi kualitas dan layanan
5). Etika reaktif

A.    1,2,3 benar
B.     2,3,5 benar
C.     1,3,4 benar
D.    1,4,5 benar
E.     3,4,5 benar
Jawaban : C
1.       Apa yang dimaksud dengan bisnis?
Jawab : Bisnis yaitu aktifitas apapun yang berusaha untuk menyediakan barang dan jasa kepada pihak-pihak lain saat mengoperasikannya untuk mencapai laba.
2.       Apa perbedaan pendapatan dan laba?
Jawab : Laba merupakan jumlah uang yang diperoleh sebuah bisnis selain  dari jumlah yang dikeluarkan untuk gaji dan biaya-biaya lainnya sedangkan pendapatan yaitu jumlah total uang yang didapat sebuah bisnis dalam satu periode tertentu dengan menjual barang dan jasa.
3.       Sebutkan contoh dari organisasi nirlaba?
Jawab : Sekolah-sekolah umum,asosiasi sipil(civicassociation)
4.       Apa yang dimaksud dengan outsourcing
Jawab : outsorcing berati mengontrak perusahaan lain (seringkali di negara lain) untuk melakukan beberapa atau seluruh fungsi dari satu perusahaan.
5.       Sebutkan faktor-faktor produksi?
Jawab : Tanah, Tenaga kerja, Modal, Kewirausahaan, Pengetahuan
6.       Sebutkan lima unsur dalam lingkungan bisnis
Jawab : Lingkungan ekonomi dan hukum, Lingkkungan teknologi, Lingkungan persaingan, Lingkungan sosial, Lingkungan bisnis global
7.       Apa yang dimaksud dengan basis data?
Jawab : Basis data adalah satu arsip penyimpanan elektronik tempat disimpan untuk menyimpan sejumlah besar informasi tentang pelanggan
8.       Bagaimana teknologi memberi manfaat bagi pekerja?
Jawab : teknologi memungkinkan para pekerja untuk menjadi lebih efektif, efisien, dan produktifitas sehingga mereka dapat menghasilkan pekerjaan dalam satu periode tertentu
9.       Apa cara yang dapat dilakukan bisnis untuk menjawab dan mengalahkan persaingan?
Jawab : menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, melebihi harapan pelanggan, serta memberikan pemberdayaan pekerja lini depan pelatihan dan lebih banyak tanggungjawab serta otoritas.
10.   Apa yang dimaksud dengan barang dan jasa?
Jawab : Barang merupakan produk-produk berwujud seperti komputer, makanan, pakaian, mobil, dan peralatan. Jasa merupakan produk-produk tak berwujud seperti asuransi, pendidikan, rekreasi.





Bab 1 Bisnis dan Kewirausahaan: Pendapatan, Laba, dan Kerugian.
Pertanyaan dan Jawaban a, b, c dan d
1.      Aktivitas apa pun yang berusaha untuk menyediakan barang dan jasa kepada pihak – pihak lain saat mengoperasikannya untuk mencapai laba, merupakan pengertian dari ….
a.       Laba
b.      Bisnis
c.       Pengusaha
d.      Risiko
Jawaban : b
2.      Jumlah uang yang diperoleh sebuah bisnis selain dari jumlah yang dikeluarkan untuk gaji dan biaya - biaya lainnya, merupakan pengertian dari ….
a.       Pendapatan
b.      Risiko
c.       Laba
d.      Usaha
Jawaban : c
3.      Jumlah total uang yang didapat sebuah bisnis dalam satu periode tertentu dengan menjual barang dan jasa, merupakan pengertian dari ….
a.       Pendapatan
b.      Kerugian
c.       Risiko
d.      Laba
Jawaban : a
4.      Yang termasuk dalam faktor - faktor adalah
a.       Tanah, Tenaga kerja dan Modal
b.      Kewirausahaan, Laba dan Pengetahuan
c.       Modal, Pengetahuan dan Pendapatan
d.      Laba, Pendapatan dan Tanah
Jawaban : a
5.                 1. Lingkungan Ekonomi dan Hukum             4. Lingkungan Produksi
2. Lingkungan Teknologi                                5. Lingkungan Konstribusi
3. Lingkungan Persaingan                               6. Lingkungan Konsumsi
Yang termasuk dalam faktor - faktor Lingkungan bisnis adalah ….
a.       2, 4 dan 5
b.      3, 4 dan 5
c.       1, 3 dan 4
d.      1, 2 dan 3
Jawaban : d


6.      Hal - hal apa saja yang termasuk dalam lingkungan sosial ?
a.       Kebebasan Kepemilikan
b.      Perubahan Keluarga
c.       Layanan Pelanggan
d.      Teknologi Informasi
Jawaban : b
7.      Peluang seorang pengusaha kehilangan waktu dan uang dalam sebuah bisnis yang mungkin nantinya terbukti tidak menguntungkan, merupakan pernyataan dari ….
a.       Pemangku kepentingan
b.      Kerugian
c.       Risiko
d.      Pengusaha
Jawaban : c
8.      Hal - hal yang termasuk dalam demografi (demography) adalah ….
a.       Umur, Ras, Gender dan Pendapatan
b.      Ras, Gender, Pendapatan dan Pemberdaya
c.       Suku, Gender, Umur dan Risiko
d.      Risiko, Umur, Suku dan Pendapatan
Jawaban : a
9.      Pengambilan Informasi pribadi mengenai seseorang, seperti nomor Jaminan Sosial, merupakan pengertian dari ….
a.       Identity Theft
b.      The Federal Trade Commission
c.       Zero Defects
d.      Risk
Jawaban : a
10.  Manakah jasa yang tidak termasuk dalam klasifikasi daftar jasa pemerintah ?
a.       Jasa Penginapan
b.      Jasa Pribadi
c.       Jasa Hukum
d.      Jasa Distribusi
Jawaban : d

  

Pertanyaan berpiir kritis
‘ Bayangkan Anda sedang berpikir untuk memulai sebuah restoran dalam lingungan Anda dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.Siapa saja yang akan menjadi pemangku kepentingan dalam restoran Anda?
2.Apa saja hal-hal yang Anda lakukan untuk memberi manfaat bagi masyarakat sekitar selain dari menyediakan pekerjaan dan pendapatan pajak?
3.Bagaimana Anda dapat menjalin hubungan baik dengan para pemasok Anda?Dengan karyawan-karyawan Anda?
4.Apakah Anda melihat adanya konflik antara keinginan Anda meraih laba sebagai mungkin dengan keinginan anda untuk membayar karyawan sesuai biaya hidup?
5.Dari faktor-faktor lingkungan yang tercantum dalam bab ini,mana yang menurut Anda akan mempunyai dampak terbesar bagi restoran Anda?mengapa?


Jawab:
1.Yang akan menjadi pemangku kepentingan dalam restoran ialah saya sendiri,rekan yang menginvestasikan uang untuk modal membuka usaha bersama saya,karyawan-karyawan saya.
2.Hal-hal yang dapat saya lakukan selain menyediakan pekerjaan dan pendapatan pajak ialah saya memberikan kreativitas-kreativitas kepada masyarakat yang mungkin nantinya bila bekerja direstoran saya,saya juga memberikan wawasan tentang bagaimana cara mengelolah restoran dengan baik,dan juga pastinya pengalaman kerja untuk lebih meningkatkan potensi yang ada pada diri mreka,sehingga ketika mereka bekerja direstoran saya mereka saya bebaskan untuk mengusulkan ide ide yang mreka punya.
3.cara saya menjalin hubungan baik dengan para pemasok direstoran saya ialah dengan memberi kepercayaan,karena dengan kepercayaan maka itu sebuah awal bagaimana hubungan kedepannya dengan pemasok tersebut bisa terjalin dengan baik.dengan karyawan karyawan saya saya menjalin hubungan dengan baik dengan cara saling memberi kepecayaan dengan apa yang telah saya tugas kan kepada masng masng karyawan saaya,dengan menjalin hubungan dengan baik dan kekeluargaan,serta saling mau menerima pendapat atau kritikan demi memajukan restoran saya
4.tidak,karena saya telah memperkirakan omset yang saya terima dan kewajiban saya untuk membayar gaji karyawan saya,dan hal tersebut tidak mempengaruhi laba yang saya terima.
5.yangb mempunyai dampak besar bagi restoran saya ialah dengan menjalin hubungan yang baik dengan pemasok restoran saya serta menjalin hubungan yang baik bdengan karyawan karyawan saya.



Soal kasus BAB 4
1.      Alternatif pertama : membantu teman dengan menyerahkan makalah yang saya tulis kepada teman saya dengan konsekuensi apabila ketahuan oleh intstruktur lain maka teman anda dapat dihukum.
Alternatif kedua : membantu teman saya mengerjakannya dengan konsekuensi waktu luang saya terganggu.
2.      Pertanyaan pertama : apakah keputusan itu legal?
Alternatif pertama tidak legal karena itu merupakan plagiat, sedangkan alternatif kedua legal karena kita Cuma mengarah kan saja.
Pertanyaan kedua : apakah keputusan itu seimbang?
Alternatif pertama tidak seimbang karena teman saya tidak ikut mengerjakan tapi mendapat nilai yang sama seperti saya. Sedangkan alternatif kedua seimbang karena teman saya mengerjakan sendiri dan saya hanya membantu mengarahkan saja.
Pertanyaan ketiga : bagaimana perasaan saya terhadap keputusan itu ?
Apabila saya mengambil alternatif pertama perasaan saya akan was-was, karena takut ketahuan instruktur lain. Sedangkan apabila saya mengambil alternatif kedua perasaan saya senang karena sudah bisa membantu teman saya.


1.       Semua orang mempunyai hak terhadap kehidupan, kemerdekaan, dan pengejaran kebahagian. Pernyataan tersebut ditulis oleh?
a.       Aristoteles
b.      William Shakespeare
c.       Konfusius
d.      Thomas jeferson
2.       Standar standar prilaku bermoral, yaitu, perilaku yang diterima oleh masyarakat sebagai  benar versus salah disebut sebagai?
a.       Etiket
b.      Perilaku
c.       Etika
d.      Kesopanan
3.       Orang yang melaporkan perilaku ilegal atau tidak etis dalam proses memperbaiki etika bisnis amerika disebut?
a.       Pelapor
b.      Pengintai
c.       Peniup pluit
d.      Petugas ketertiban
4.       Perhatian yang dimilki bisnis terhadap kesejahteraan masyarakat disebut tanggung jawab?
a.       Sosial korporat
b.      Sosial
c.       Pelaku bisnis
d.      Seluruh karyawan
5.       Dimensi tanggung jawab sosial yang meliputi sumbangan amal disebut?
a.       Inisiatif sosial korporat
b.      Filantropi korporat
c.       Tanggung jawab korporat
d.      Kebijakan korporat
6.       Aktivitas yang tidak etis yang melibatkan orang dalam yang menggunakan informasi rahasia perusahaan untuk memperkaya diri sendiri atau keluarga dan teman teman mereka disebut aktivitas?
a.       Perdagangan luar
b.      Kecurangan dalam bisnis
c.       Perdagangan dalam
d.      Korupsi
7.       Program sosial yang terbaik di dunia adalah?
a.       Memberi sumbangan kepada yayasan yatim piatu
b.      Ber amal
c.       Membantu orang yang memiliki ekonomi rendah
d.      Membuka lapangan pekerjaan
8.       Sebuah evolusi sistematis dari kemajuan organisasi menuju penerapan program yang bertanggung jawab dan responsif secara sosial disebut?
a.       Sosial korporat                                          d.   Tanggung jawab korporat
b.      Audit sosial
c.       Tanggung jawab sosial
9.       Dari jawaban yang ada dibawah ini yang tidak termasuk pemangku kepentingan perusahaan adalah?
a.       Karyawan
b.      Investor
c.       Pelanggan
d.      Pejabat negara
10.   Bagaimana upaya perusahaan dalam memerangi korupsi dalam pasar global?
a.       Meningkatkan bayaran yang pantas
b.      Membuat peraturan perusahaan
c.       Memberi ancaman pidana berat
d.      Perusahaan memberi pengawasan ketat



JAWABAN
1.      D
2.      C
3.      C
4.      A
5.      B
6.      C
7.      D
8.      B
9.      D
10.  A

10 SOAL ALTERNATIF
Jawaban :
A . Apabila jawaban 1,2,3 benar
B . Apa bila jawaban 1 dan 3 benar
C . Apabila jawaban 2 dan 4 benar
D . Apabila semua jawaban benar atau semua jawaban salah

1.      Anda akan menemukan pernyataan nilai dasar moral : integritas, rasa hormat kepada kehidupan manusia, pengendalian diri, kejujuran,keberanian, dan pengorbanan diri adalah benar; penipuan, menjadi pengecut, untuk kekajaman adalah salah merupakan sumber-sumber dari berbagai waktu dan tempat seperti
1.       Kitap suci
2.       Ethics dari aritoteles
3.       King lear dari william shakespeare
4.       Quran
Jawaban : D
2.       Pertanyaan yang membantu ketika mengalami dilema etis
1.       Apakah hal itu legal?
2.       Apakah hal itu seimbang ?
3.       Bagaimana tindakan tersebut akan mempengaruhi perasaan saya terhadap saya ?
4.       Apakah hal itu mengganggu saya ?
Jawaban : A
3.       Apa saja klasifikasi kode etika ?
1.       Kode etika berbasis keseimbangan
2.       Kode etika berbasis kepatuhan
3.       Kode etika berbasis peraturan
4.       Kode etika berbasis integritas
Jawaban : C
4.       Proses langkah berikut ini dapat membantu memperbaiki etika bisnis amerika ?
1.       Manajemen puncak harus mengadopsi dan mendukung tanpa syarat kode tingkah laku korporat yang ekspisit
2.       Manajer dan yang lain nya harus dilatih untuk mempertimbangkan implikasi dari semua keputusan bisnis
3.       Karyawan harus memahami bahwa ekspektasi prilaku etis dimulai di puncak dan bahwa manajemen senior mengharapkan semua karyawan untuk bertindak sesuai dengan nya
4.       Pihak luar, seperti pemasok, subkontraktor,distributor, dan pelanggan tidak harus tahu mengenai program etika ini
Jawaban : A
5.Kinerja sosial sebuah prusahaan mempunyai beberapa dimensi yaitu
1.       Filantropi korporat
2.       Inisiatif sosial korporat
3.       Tanggung jawab korporat
4.       Kebijakan korporat
Jawaban : D
6.jenis kelompok yang berfungsi sebagai pengawas berkenaan dengan seberapa baik perusahaan      menegakan kebujakan etis dan tanggung jawab sosial adalah ?
1.       Investor yang sadar secara sosial
2.       Pemeduli lingkungan
3.       Pejabat serikat buruh
4.       Pelanggan
Jawaban : D
7.Bagaimana bisnis menampilkan tanggung jawab korporat terhadap para pemangku kepentingan
1.       Bisnis bertanggung jawab untuk mendapatkan uang bagi para investor
2.       Tanggung jawab bisnis kepada pelanggan untuk memuaskan mereka dengan barang dan jasa yang bernilai nyata
3.       Bisnis mempunyai sejumlah tanggung jawab terhadap karyawan seperti menciptakan pekerjaan, memelihara keselamatan kerja
4.       Bisnis menguntungkan
Jawaban : A
8. definisi kata etika adalah
1.       Standar prilaku yang bermoral
2.       Prilaku yang dapat di terima oleh masyarakat tentang baik atau buruk
3.       Peraturan mengenai sopan santun
4.       Standart prilaku yang tidak bermoral
Jawaban : A
9.yang termasuk tanggung jawab sosial korporat adalah :
1.       Tanggung jawab terhadap pelanggan
2.       Tanggung jawab terhadap investor
3.       Tanggung jawab terhadap karyawan
4.       Tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan
Jawaban : D
10.dimensi tanggung jawab sosial yang meliputi semua dari memperkerjakan pekerja minoritas hingga membuat produk yang aman dan dimensi tanggung jawab yang merujuk pada posisi yang di ambil perusahaan pada isu sosial dan politik adalah pengertian dari
1. filantropi korporat
2. Tanggung jawab korporat
3. inisiatif sosial korporat
4. Kebijaksanaan korporat
Jawaban : C




 

1.       Apa itu etika ??
-          Standar perilaku bermoral atau perilaku yang diterima di masyarakat sebagai benar atau salah.
2.       Apa yang dimaksud kode etika berbasis kepatuhan ??
-          Standar etis yang menekankan perilaku yang melanggar hukum.
3.       Apa yang dimaksud kode etika berbasis integritas ??
-          Standar etis yang mengajarkan kita untuk jujur.
4.       Sebutkan dimensi yang ada di dalam perusahaan !!
-          Filantropi korporat.
-          Inisiatif sosial korporat.
-          Tanggung jawab korporat.
-          Kebijakan korporat.
5.       Apa yang dimaksud tanggung jawab sosial korporat ??
-          Perhatian bisnis terhadap keejahteraan masyarakat.
6.       Apa itu perdagangan dalam ??
-          Perilaku tidak etis yang melibatkan orang dalam yang menggunakan rahasia perusahaan untuk memperkaya diri sendiri, keluarga, ataupun teman – teman.
7.       Apa itu audit sosial ??
-          Sebuaah evaluasi sistematis dari kemajuan organisasi menuju penerapan program yang bertanggung jawab.
8.       Selain audit sosial, sebutkan beberapa kelompok yang berfungsi sebagai pengawas !!
-          Investor yang sadar secara sosial.
-          Peduli lingkungan.
-          Pejabat serikat buruh.
-          Pelanggan.
9.       Bagaimana perusahaan bertanggung jawab terhadap karyawan ??
-          Dengan cara bertanggung jawab menciptakan lapangan pekerjaan jika ada karyawan yang ingin tumbuh.
10.   Apa itu kebijakan korporat ??
-          Dimensi tanggung jawab sosial yang merujuk pada posisi yang diambil perusahaan pada isu sosial dan perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar