Rabu, 12 November 2014

KELOMPOK 1 CHAPTER 2

1.      Apa yang di maksud dengan manajemen produksi dan manajemen operasi ?
-Manajemen produksi adalah : istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan semua aktivitas yang dilakukan para manajer untuk membantu perusahaan mereka membuat barang
-Manajemen operasi adalah : Area khusus di dalam manajemen yang mengubah atau mentransformasi sumber (termasuk sumber manusia) menjadi barang dan jasa.

2.      Apa yang di maksud dengan From utilit? Jelaskan !
-Nilai yang ditambahkan dengan pembuatan produk dan jasa yang sudah jadi, seperti nilai yang ditambahkan dengan penggunaan silikon dan pembuatan chip komputer atau penggabungan layanan untuk menciptakan paket liburan.

3.      Apa tujuan utama dari manufaktur dan manajemen operasi ?
-Untuk menyediakan produk dan jasa berkualitas tinggi secara instan sebagai respons terhadap permintaan pelanggan.

4.      Apa yang dimaskud dengan manufaktur yang fleksibel dan manufaktur yang ramping?
-Manufaktur yang fleksibel adalah: merancang mesin untuk mengerjakan banyak tugas, sehingga mesin tersebut dapat menghasilkan beragam produk.
-Manufaktur yang ramping adalah: produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang produksi massa.

5.      Jelaskan yang dimaksud dengan perencanaan persyaratan bahan (material requirement planning-MPR) dan perencanaan sumber perusahaan (enterprise resource planning-ERP) ?
-Perencaan persyaratan bahan adalah sistem manajemen produksi berbasis komputer yang menggunakan ramalan penjualan untuk memastikan bahwa bagian-bagian dan bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia pada waktu dan tempat yang tepat
-Perencanaan sumber perusahaan adalah aplikasi komputer yang memungkinkan banyak perusahaan untuk mengatur semua operasi mereka (keuangan, perencanaan, persyaratan, sumber daya manusia dan pemenuhan pemesanan) pada basis kumpulan data korporat yang terintegrasi.

6.      Apa itu kualitas sigma enam ?
-kualitas sigma enam (hanya 3,4 kerusakan per juta kesempatan) mendeteksi masalah potensial sebelum masalah itu muncul. Kontrol kualitas statistis (SQC) adalah proses yang digunakan beberapa manajer untuk memastikan bahwa kualitas ditambahkan dalam produk tersebut dari awal. Kontrol proses statistis (SQC) adalah proses pengambilan sampel statistis dari komponen-komponen produk pada setiap tingkat proses produksi dan menggambarkan hasilnya diatas grafik. Perbedan apapun dari standart kualitas diketahui dan dapat dibetulkan.


7.      Apa yang dimaksud dengan evaluasi program dan teknik tinjauan?
-Evaluasi program dan teknik tinjauan adalah metode untuk menganalisis tugas yang terlibat didalam penyelesaian proyek tertentu, perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas, dan identifikasi waktu minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proyek.

8.      Apa yang dimaksud dengan kualitas dan masalah apa yang diakibatkan kontrol kualitas pada akhir lini produksi ?
-Kualitas adalah secara konsisten memproduksi apa yang diingkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman ke pelanggan
-masalah:
1. ada kebutuhan untuk menginspeksi pekerjaan orang lain. Dibutuhkan ekstra orang dan sumber
2. apabila ditemukan kesalahan, seseorang harus membetulkan kesalahan atau membatalkan produk tertentu
3. apabila pelanggan menemukan kesalahan, ia dapat merasa tidak puas dan bahkan dapat membeli dai orang lain setelahnya.

9.      Apa yang dimaksud dengan kontrol inventaris yang tepat pada waktunya (just-in-time (JTI) inventory control) ?
-proses produksi dimana inventaris minimum disimpan didalam gudang serta bagian, persediaan, dan kebutuhan lain dikirimkan tapat pada waktunya ke lini perakitan.

10.  Apa yang dilakukan oleh para manufaktur Amerika untk mendapatkan kembali daya kompetitif?
-berfokus pada pelanggan
-mempertahankan hubungan erat pada pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebuthan pelanggan
-mempraktikan pengembangan yang kontinu
-berfokus pada kualitas
Mengehmat biaya melalui seleksi tempat
-mengandalkan internet untuk menyatukan perusahan-perusahaan

-menggunakan teknik produksi baru, seperti perencanaan sumber perusahaan, manufaktur yang diintegritasi dengan komputer, manufaktur yang fleksibel, dan manufaktur yang ramping.


ABC BAB 9
1.       Yang di lakukan oleh para pemanufaktur amerika untuk mendapatkan kembali daya kompetitif?, kecuali
a)      Berfokus pada pelanggan
b)      Mempraktikkan pengembangan yang kontinu
c)       Berfokus pada kualitas
d)      Mengandalkan kerjasama untuk menyatukan prusahaan-perusahaan
Jawaban : D
2.       Yang merupakan faktor-faktor produksi adalah
a)      Tanah, tenaga kerja , modal
b)      Tanah , harga , modal
c)       Kewirausaahan , pengetahuan. Air
d)      Modal, pengetahuan,udara
Jawaban : A
3.       Proses yang  secara fisik dan kimiawi merubah bahan adalah pengertian dari proses
a)      Proses perakitan
b)      Manufaktur proses
c)       Proses yang berkelanjutan
d)      Proses seebentar-sebentar
Jawaban :B
4.       Proses dimana produksi yang lama berjalan dan menghasilkan barang menjadi berkali-kali adalah pengertian dari proses
a)      Proses perakitan
b)      Manufaktur proses
c)       Proses yang berkelanjutan
d)      Proses seebentar-sebentar
Jawaban : C
5.       Proses yang menyatukan komponan – komponen adalah merupakan pengertian dari
a)      Proses perakitan
b)      Manufaktur proses
c)       Proses yang berkelanjutan
d)      Proses seebentar-sebentar
Jawaban : A
6.       Produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang produksi massa adalah pengertian dari
a)      Manufaktur yang fleksibel
b)      Manufaktur yang ramping
c)       Penyesuaian massa
d)      Lokasi fasilitas
Jawaban : B






7.       Merancang mesin agar mengerjakan banyak tugas dan dapat menghasilkan beragam produk adalah pengertian dari
a)      Manufaktur yang fleksibel
b)      Manufaktur yang ramping
c)       Penyesuaian massa
d)      Lokasi fasilitas
Jawaban : A
8.       Menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan individual adalah pengertian dari
a)      Manufaktur yang fleksibel
b)      Manufaktur yang ramping
c)       Penyesuaian massa
d)      Lokasi fasilitas
Jawaban : C
9.       Proses pemilihan lokasi geografis untuk operasi perusahaan adalah pengertian dari proses
a)      Manufaktur yang fleksibel
b)      Manufaktur yang ramping
c)       Penyesuaian massa
d)      Lokasi fasilitas
Jawaban : D
10.   Ukuran kualitas yang memperkenankan hanya 3,4 kerusakan per juta kesempatan adalah pengertian dari
a)      Kualitas
b)      Kualitas sigma 6
c)       Kontrol kualitas
d)      Pembelian
Jawaban : B


 1.       Orang – orang di lantai manufaktur di gantikan oleh robot dan mesin lain . di isi lain. Itu adalah satu cara perusahaan bersaing dengan tenaga kerja yang murah dari Negara lain. Sama sekali tidak ada tenaga kerja yang murah daripada tenaga kerja yang murah . di sisi lain . otomatisasi dapat menidiadakan banyak pekerjaan . apakah anda khawatir bahwa otomatisasi dapat meningkatkan pengangguran atau pengurangan pekerjaan berbayar di amerika serikat dan di seluruh dunia / mengapa ?
2.       Manufaktur yang diintergrasi oleh computer (CIM) telah merevolusioner  proses produksi.Sekarang,segala  hal dari kue kering sampai mobil dapat dirancang dan disesuaikan dapat dilakukan dngan sangat  sedikit peningkatan biaya.Apakah arti perubahan yang seperti ini untuk industry pakaian,idustri sepatu,dan idustri  yang berkaitan dengan model lainnya?Apkah artinya untuk konsumen dan idustri barang industry lainnya?Bagaimana Anda diuntungkan sebagai konsumen?
3.       Satu solusi untuk penciptaan pekerjaan baru di Amerika Serikat adalah dengan memiliki lebih banyak inovasi.Sebagai besar inovasi berasal dari lulusan baru dari teknik mesin dan ilmu pengetahuan.Apa yang dapat dilakukan Amerika serikat  untukmemotivasi lebih banyak murid untuk mengambil bidang-bidang tersebut sebagai mata pelajar utama?
JAWAB:
1.Ya,saya kawatir bahwa adanya otomatisasi dapat meningkatkan jumblah pengagguran yang sudah ada.mengapa?karena dengan adanya otomatisasi maka segala pekerjaan akan lebih dinamis  dan sangat efisien kerapian, kecepatan.Jika demikian secara langsung tenaga manusia  sudah sangat jarang untuk digunakan .jika kita melihat  dari aspek ekonomi dan pendidikan.Masyarakat yang mempunyai ekonomi rendah dan pendidikan yang minim maka skill untuk mencari pekerjaan yang ia punyai terbatas.Denga demikian ia mengutamakan tenaga kerjanya tetapi jika adanya otomatisai hal-hal yang berhubungan dengan tenaga akan tergantikan oleh alat-alat yang lebih efisien dan dinamis selain itu juga lebih murah.ini menyebabkan peninggkatan pengangguran .Karena  perusahaan hanya perlu sedikit pekerja  dan hanya membutuhkan beberapa ahli elekronik yang bias menjalankan mesin.

2.Arti perubahan yang seperti ini adalah perubahan yang sangat menguntungkan bagi produsen maupu n yang sangat menguntungkan bagi produsen maupun konsumen.karena selain itu untuk menghemat biaya  produksi juga sangat efisien  dalam waktu dan juga dari sudut tenaga kerja yang tidak perlu banyak dan  artinya pengembangan ini untuk konsumen adalah peningkatan layanan dan produsen serta pasti lebih banayak pilihan yang ditawarka.keuntungannya  sendiri dari konsumen adalah jika bahan yang ditawarkannya murah dan barang serta pelayanan yang ada perkembangan baik dari sebelumnya.

3.Yang dapat dilakukan Amerika serikat untuk memotivasi lebih banyak murid untuk mengambil bidang-bidang teknologi mesin dan ilmu pengetahuan adalah dengan mengadakan penyuluhan di beberapa sekolah di Amerika denga memaparkan keuntungan-keuntungan bidang-bidang yang sangat memberikan solusi dan info-info yang lengkap kepada masyarakat ,uda agar tidak salah jalan untuk memilih bidang yang akan ditekuninya. Dan agar apa yang di dalami bermanfaat untuk dirinya,keluarga ,masyarakat dan Negara dalam jangka waktu yang panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar